25 Manfaat Kesehatan Kayu Manis – Bumbu Ajaib

Kayu manis adalah salah satu rempah tertua di dunia yang diketahui. Pohon itu asli Sri Lanka di mana ia ditemukan ribuan tahun yang lalu. Ini adalah bumbu terbaik yang tersedia dalam hal nutrisi dan kesehatannya. Ini mengandung khasiat sehat dan penyembuhan yang unik yang berasal dari komponen aktif dalam minyak esensial yang ditemukan di kulit kayunya. Kayu manis memiliki aktivitas anti-oksidan yang sangat tinggi sehingga memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain digunakan sebagai obat oleh budaya lain sejak zaman kuno, manfaat kesehatan juga dapat diperoleh dari memakannya yang dapat dicantumkan sebagai berikut:

1. Menurunkan Kolesterol:

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya 1/2 sendok teh kayu manis yang disertakan dalam makanan sehari-hari dapat menurunkan kolesterol.

Kayu manis juga secara signifikan dapat menurunkan LDL kolesterol “jahat”, dan trigliserida (asam lemak dalam darah) dan kolesterol total.

2. Mengurangi kadar gula darah dan mengobati Diabetes Tipe 2:

Beberapa penelitian telah menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin dan kontrol glukosa darah dengan mengonsumsi sedikitnya ½ sendok teh kayu manis per hari. Meningkatkan resistensi insulin dapat membantu dalam pengendalian berat badan serta mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Penyakit Jantung:

Kayu manis memperkuat sistem kardiovaskular sehingga melindungi tubuh dari gangguan terkait jantung. Dipercaya bahwa kalsium dan serat yang ada dalam kayu manis memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Memasukkan sedikit kayu manis ke dalam makanan membantu mereka yang menderita penyakit arteri koroner dan tekanan darah tinggi.

4. Melawan Kanker :

Sebuah studi yang dirilis oleh para peneliti di Departemen Pertanian AS di Maryland menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi proliferasi sel kanker leukemia dan limfoma.

Selain itu, kombinasi kalsium dan serat yang terdapat dalam kayu manis dapat membantu menghilangkan empedu, yang mencegah kerusakan sel usus besar, sehingga mencegah kanker usus besar.

5. Kerusakan gigi dan penyegar mulut:

Kayu manis secara tradisional telah digunakan untuk mengobati sakit gigi dan melawan bau mulut. Potongan kecil kayu manis dapat dikunyah, atau dikumur dengan air kayu manis yang berfungsi sebagai penyegar mulut yang baik.

6. Menyembuhkan Masalah Pernafasan:

Kayu manis adalah obat rumahan yang sangat berguna untuk pilek biasa atau parah. Seseorang yang menderita harus meminum satu sendok makan madu dengan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Proses ini akan menyembuhkan sebagian besar batuk kronis, pilek, dan membersihkan sinus.

Kayu manis juga ditemukan untuk menyembuhkan flu, influenza, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

7. Tonik Otak:

Kayu manis meningkatkan aktivitas otak dan karenanya bertindak sebagai tonik otak yang baik. Ini membantu dalam menghilangkan ketegangan saraf dan kehilangan memori.

Juga, penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan fungsi kognitif, memori, kinerja tugas-tugas tertentu dan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi seseorang.

8. Infeksi:

Karena sifat antijamur, antibakteri, antivirus, anti-parasit dan antiseptiknya, ia efektif untuk infeksi eksternal maupun internal. Kayu manis telah ditemukan efektif dalam memerangi infeksi jamur vagina, infeksi jamur mulut, sakit maag dan kutu rambut.

9. Memudahkan siklus menstruasi:

Kayu manis juga telah ditemukan bermanfaat untuk kesehatan wanita karena membantu meredakan kram menstruasi dan ketidaknyamanan wanita lainnya.

10. Pengendalian Kelahiran:

Kayu manis juga membantu dalam pengendalian kelahiran alami. Konsumsi kayu manis secara teratur setelah melahirkan menunda menstruasi dan dengan demikian membantu menghindari pembuahan.

11. Menyusui:

Juga diyakini bahwa kayu manis membantu sekresi ASI.

12. Mengurangi Nyeri Radang Sendi:

Bumbu kayu manis mengandung senyawa anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan radang sendi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Copenhagen University, di mana pasien diberi setengah sendok teh bubuk kayu manis yang dikombinasikan dengan satu sendok makan madu setiap pagi mengalami pereda nyeri radang sendi yang signifikan setelah satu minggu dan dapat berjalan tanpa rasa sakit dalam waktu satu bulan.

13. Tonik Pencernaan:

Kayu manis harus ditambahkan ke sebagian besar resep. Selain menambah rasa pada makanan, itu juga membantu pencernaan. Kayu manis sangat efektif untuk gangguan pencernaan, mual, muntah, sakit perut, diare dan perut kembung. Ini sangat membantu dalam mengeluarkan gas dari perut dan usus. Ini juga menghilangkan keasaman, diare dan mual di pagi hari. Ini sering disebut sebagai tonik pencernaan.

14. Mengurangi infeksi saluran kemih:

Orang yang makan kayu manis secara teratur melaporkan insiden infeksi saluran kemih yang lebih rendah. Kayu manis bersifat diuretik dan membantu dalam sekresi dan pembuangan urin.

15. Tindakan anti pembekuan:

Senyawa yang ditemukan dalam kayu manis yang disebut cinnamaldehyde telah diteliti dengan baik untuk efeknya pada trombosit darah. [Platelets are constituents of blood that are meant to clump together under emergency circumstances (like physical injury) as a way to stop bleeding, but under normal circumstances, they can make the blood flow inadequate if they clump together too much]. Cinnamaldehyde dalam kayu manis membantu mencegah penggumpalan trombosit darah yang tidak diinginkan.

16. Pengawet Makanan Alami:

Saat ditambahkan ke makanan, ini mencegah pertumbuhan bakteri dan pembusukan makanan, menjadikannya pengawet makanan alami.

17. Sakit kepala dan migrain:

Sakit kepala akibat terkena angin dingin mudah disembuhkan dengan mengoleskan pasta tipis bubuk kayu manis yang dicampur air di pelipis & dahi.

18. Jerawat dan Komedo:

Kayu manis membantu menghilangkan kotoran darah. Oleh karena itu sering direkomendasikan untuk jerawat.

Juga aplikasi eksternal pasta bubuk kayu manis dengan beberapa tetes jus lemon segar di atas jerawat & kepala hitam akan memberikan hasil yang bermanfaat.

19. Penipisan darah dan memperlancar peredaran darah:

Kayu manis adalah agen pengencer darah yang juga bertindak untuk meningkatkan sirkulasi. Sirkulasi darah ini membantu secara signifikan dalam menghilangkan rasa sakit. Sirkulasi darah yang baik juga memastikan suplai oksigen ke sel-sel tubuh yang mengarah ke aktivitas metabolisme yang lebih tinggi. Anda secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung dengan mengonsumsi kayu manis secara teratur.

20. Mengencangkan jaringan:

Bukti anekdotal yang cukup banyak menunjukkan bahwa kayu manis mungkin memiliki kemampuan untuk mengencangkan dan menyempitkan jaringan dalam tubuh.

21. Pereda nyeri otot dan persendian:

Mereka yang makan kayu manis secara teratur sering melaporkan bahwa nyeri otot dan persendian, serta kekakuan, berkurang atau bahkan hilang.

22. Sistem kekebalan:

Pasta madu dan kayu manis baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan kelelahan biasa dan meningkatkan umur panjang seseorang. Ia juga dikenal memiliki sifat anti-penuaan.

23. Gatal:

Pasta madu dan kayu manis sering digunakan untuk mengobati gigitan serangga.

24. Ini adalah sumber mangan, serat, besi, dan kalsium.

25. Penyembuhan: Kayu manis membantu menghentikan pendarahan. Oleh karena itu memfasilitasi proses penyembuhan.

Memang, kayu manis memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti yang digarisbawahi di atas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Ini adalah alasan yang bagus untuk menyimpan sedikit kayu manis. Taburkan ke dalam teh atau kopi Anda, di atas oatmeal atau ubi dan, ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

[However, there’s a word of warning to be taken that over dosage of cinnamon may be unwise. Also it is not recommended for pregnant women.

Also, people who have been prescribed medication to manage their blood sugar should not reduce or discontinue their dose and take cinnamon instead, especially without consulting your doctor.]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *