5 Penyakit Yang Terjadi Akibat Infeksi Jamur

5 Penyakit Yang Terjadi Akibat Infeksi Jamur

5 Penyakit Yang Terjadi Akibat Infeksi Jamur

Jakarta – Infeksi jamur bisa serang siapa, dan bisa ada di sejumlah sisi badan. Misalkan, olahragawan dengan kutu air, bayi dengan sariawan, dan infeksi jamur vagina pada wanita.

Dalam kasus lain, jamur yang umumnya berada di dalam atau pada tubuh dapat mengalami perkembangan biak di luar mengakibatkan infeksi dan kendalian. Info secara lengkap jadi penyakit yang bisa terjadi karena infeksi jamur dapat dibaca di sini!

Infeksi Jamur bisa Memacu Tipe Penyakit Ini

Infeksi jamur dapat menyebar dari 1 orang pada orang lainnya. Seorang dapat terjangkit jamur dari hewan yang terkena atau tanah atau permukaan yang terkontaminasi. Lalu, penyakit yang bisa terjadi karena infeksi jamur ialah:

1. Penyakit kaki olahragawan

Penyakit kaki olahragawan dikenal juga sebagai tinea pedis, yang disebabkan karena infeksi jamur. Tinea pedis bisa mempengaruhi kulit kaki, dan kuku dan tangan. Infeksi ini disebabkan karena dermatofita, satu kelompok jamur yang tumbuh subur di tempat hangat dan lembap di antara jemari kaki.

Keadaan ini umum di kelompok olahragawan dan orang yang berolahraga. Seorang dapat terjangkit infeksi jamur dari permukaan yang tercemar, seperti kamar mandi umum atau lantai ruangan ganti.

2. Infeksi jamur di selangkangan

Infeksi jamur dapat mempengaruhi kulit di tempat selangkangan, dan paha sisi pantat dan dalam. Tipe infeksi ini umumnya serang pria dan anak lelaki, tapi wanita dan anak wanita dapat meningkatkan keadaan ini.

3. Kurap

Kurap ialah infeksi jamur yang bisa mempengaruhi kulit kepala dan kulit. Serupa dengan kaki olahragawan dan gatal di selangkangan, ini disebabkan karena dermatofita. Kurap sebagai sisi dari barisan jamur yang tumbuh di kulit, khususnya pada bagian badan yang lembap. Umumnya tanda-tanda kurap diawali dengan ruam kemerahan, gatal, dan bersisik yang seiring berjalannya waktu, bintik kurap bisa menebar dan membuat cincin merah.

4. Kandidiasis

Candida albicans ialah semacam jamur yang bisa mengontaminasi kulit, mulut, aliran pencernaan, aliran alat kelamin, atau kemih. Kehadiran candida albicans dengan jumlah kecil tidak berbahaya. Tetapi, akan berpengaruh jelek jika jamur ini berkembang biak kebanyakan, hingga mengakibatkan infeksi jamur sesuai lokasi yang terinfeksi. Maka dapat di mulut, kerongkongan, atau di vagina.

5. Penyakit jamur kuku

Onikomikosis ialah tipe infeksi jamur yang bisa mengakibatkan penyakit jamur pada kuku. Keadaan ini dikatakan sebagai tinea unguium. Jamur kuku umumnya diawali sebagai bintik kecil warna jelas di kuku, yang selanjutnya menebar lebih luas yang bisa mengganti warna kuku dan wujud. Seiring berjalannya waktu, bila tidak diatasi secara benar, penyakit jamur kuku ini bisa mengakibatkan kuku jadi lebih ringkih dan tebal.

Langkah Menahan Infeksi Jamur

Penangkalan infeksi jamur bisa dilaksanakan dengan jaga kebersihan badan. Berikut ialah panduan simpel yang dapat diterapkan setiap hari, menurut https://www.asynx-planetarium.com/:

1. Kenakan pakaian yang mempernyerap keringat dan tidak ketat

Bila kamu tipikal orang yang gampang berkeringat, seharusnya pakailah baju yang mempernyerap keringat dan tidak begitu ketat. Baju yang ketat bisa tingkatkan temperatur badan dan kelembapan di tempat-area tertentu, khususnya organ intim.

2. Pakai antibiotik sesuai saran dokter

Pakai antibiotik cuma bila memang dibutuhkan. Bila terlalu berlebih, malah akan kurangi jumlah bakteri baik pada badan, yang bisa memacu infeksi jamur.

3. Konsumsi yoghurt

Konsumsi yoghurt yang memiliki kandungan kultur aktif bisa jaga kesetimbangan perkembangan bakteri baik. Ini pada akhirannya bisa menolong badan menahan perubahan jamur di badan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *