Apakah Ambeien Di Sebabkan Karena Terlalu Lama Duduk? Dan Cara Pengobatannya

Apakah Ambeien Di Sebabkan Karena Terlalu Lama Duduk? Dan Cara Pengobatannya

Jan 3, 2023 by admin

Apakah Ambeien Di Sebabkan Karena Terlalu Lama Duduk? Dan Cara Pengobatannya

Bagi banyak orang, ambeien atau hemorrhoid adalah penyakit yang sangat mengganggu. Bila benjolan muncul dan tidak dapat masuk lagi, untuk duduk saja terasa sakit atau tidak nyaman. Mari pelajari apakah sebenarnya terlalu lama duduk merupakan penyebab ambeien atau hemorrhoid?

Untuk beberapa orang, ambeien atau hemorrhoid ialah penyakit yang paling mengusik. Jika tonjolan ada dan tidak bisa masuk kembali, untuk duduk saja berasa tidak nyaman atau sakit. Silahkan dalami apa sebetulnya kelamaan duduk sebagai pemicu ambeien atau hemorrhoid?

Apa Ambeien Karena Terlampau Lama Duduk?

Untuk menjawab hal itu, kita akan bersama mengenal lebih dalam apa penyakit hemorrhoid itu atau ambeien.

Ambeien muncul karena perluasan pembuluh darah disekitaran muara dubur. Pada kondisi normal, ada beberapa pembuluh darah disekitaran muara dubur, tetapi tidak teraba/membesar. Pembuluh darah ini berada di bawah selaput lendir dan di bawah kulit muara dubur, dan ditahan/disanggah pada tempatnya oleh susunan jaringan ikat yang disebutkan “anal cushion “.”Anal cushion” yang bagus akan menjaga ukuran dan letak dari pembuluh darah dubur pada lokasi yang pas, hingga tidak ada perluasan pembuluh darah dan penonjolan pembuluh darah secara berlebihan. https://www.asynx-planetarium.com/

Pada kondisi di mana terjadi kekurangan “anal cushion” karena itu pembuluh darah di bawahnya dapat melebar/jadi membesar, mencolok dan berubah ke lubang dubur. Keadaan ini yang dikatakan sebagai hemorrhoid atau ambeien.

Mengapa Dapat Terjadi Kekurangan Jaringan Penyangga (“Anal Cushion”) di Sekitaran Dubur Ini?

Pemicu langsungnya ialah penekanan yang terus-terusan tinggi didaerah dubur, terutamanya di saat melafalkann. Penekanan yang tinggi didaerah dubur ini tingkatkan penekanan di dalam pembuluh darah di sekitar dubur yang mengakibatkan pembuluh darah mencolok dan menghancurkan jaringan penyangganya.Dalam periode panjang, pembuluh darah di sekitar dubur akan mencolok keluar dan jadi membesar.

Pemicu tidak langsung terkait dengan beberapa kondisi yang mengakibatkan melafalkann, seperti kotoran yang keras, batuk lama, atau mengusung benda berat. Kehamilan dapat mengakibatkan ambeien karena ada penekanan janin di dasar panggul, tetapi ambeien yang dipacu kehamilan mayoritas akan menjadi kecil dan lenyap sendiri saat melahirkan.

Baca Selengkapnya, Bentuk, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Usus Besar

Maka Apa Duduk yang Terlampau Lama Sebagai Pemicu Ambeien?

Jawabnya ialah tidak. Ini adalah dogma yang terkait dengan ambeien. Duduk tidak mengakibatkan melafalkann atau kenaikan penekanan di dubur, dan karenanya tidak terkait dengan ambeien

Penyembuhan Ambeien

Walau biasanya ambeien bisa sembuh sendirinya dalam sekian hari, penyembuhan harus tetap dilaksanakan buat kurangi keluh kesah yang dirasa. Beberapa sistem penyembuhan ambeien yang bisa dilaksanakan ialah:

Beberapa obat

Salah satunya sistem yang bisa dipakai untuk menyembuhkan ambeien dengan obat-obatan. Obat-obat itu dapat didapat di apotek atau mungkin dengan resep dokter. Beberapa obat itu diantaranya:

  • Obat beri
    Obat beri bisa dipakai buat menurunkan bengkak dan gatal karena ambeien. Obat beri ambeien ada berbentuk cream, supositoria, dan salep.
  • Kortikosteroid
    Untuk menurunkan infeksi yang terjadi dalam atau di luar anus, dokter akan memberi resep cream kortikosteroid ke pasien.
  • Obat penurun ngilu
    Pasien bisa konsumsi obat penurun ngilu, seperti paracetamol, buat menurunkan ngilu dan bengkak karena ambeien. Tetapi, tanyakan lebih dulu sama dokter berkaitan tipe obat penurun ngilu yang pas buat menghindar terjadi perburukan gejala.
  • Obat pencahar (laksatif)
    Bila ambeien disebabkan karena sembelit, dokter akan memberi resep obat pencahar yang berperan untuk menolong memperlancar buang air besar.

Proses klinis nonoperasi

Beberapa proses klinis nonoperasi yang bisa dipakai untuk menangani ambeien ialah:

  • Pengikatan ambeien (ligasi)
    Dalam proses ini, dokter akan mengikat ambeien memakai tali plastis supaya saluran darah yang ke arah ambeien bisa terpenggal.
  • Suntikan skleroterapi
    Pada skleroterapi, dokter akan menyuntikkan obat khusus ke pembuluh darah disekitaran ambeien. Suntikan ini berperan untuk menyusutkan ambeien tanpa rasa sakit.
  • Koagulasi
    Koagulasi ialah proses pembakaran jaringan ambeien dengan memakai inframerah. Proses ini berperan untuk menggunting saluran darah supaya ambeien bisa menyusut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *