Hal Yang Harus Diketahui Saat USG 5 Dimensi

Jakarta – Bersamaan jaman yang makin mengalami perkembangan, perlengkapan klinis ikut alami perkembangan. Satu diantaranya ialah USG atau Ultrasonografi. Kemungkinan, dahulu kamu cuma dapat lakukan pengecekan kehamilan dengan USG 2D atau 3D. Saat ini, kamu dapat lakukan pengecekan dengan USG 5 dimensi.

USG 5D sebagai sistem ambil gambar janin yang manfaatkan gelombang suara dengan frekwensi tinggi. Beritanya, hasil pengecekan dengan sistem ini jauh lebih bagus dibanding versus 2, 3, dan 4 dimensi. Berikut penyebabnya, USG 5D mempunyai panggilan sebagai HD ultrasound.

Manfaat USG 5 Dimensi untuk Pengecekan Kehamilan

Sebetulnya, USG memakai tehnologi 5D faedahnya hampir sama dengan USG tehnologi lainnya. Sistem ini bisa juga menolong dokter dan ibu menyaksikan tumbuh berkembang janin dan mengenali permasalahan lebih dini. Adapun, beberapa faedah dari USG 5 dimensi diantaranya:

  • Memverifikasi kehamilan sekalian status janin dalam kandungan.
  • Menolong tentukan berapakah umur kehamilan.
  • Mengenali kesempatan berlangsungnya kehamilan kembar.
  • Penilaian tumbuh berkembang janin.
  • Memperhatikan air ketuban dan plasenta pada ibu hamil.
  • Mengetahui ada cacat lahir di bayi mendekati persalinan.
  • Mengenali pemicu berlangsungnya kompleksitas sepanjang kehamilan.
  • Menyaksikan letak atau status janin saat sebelum persalinan.

Proses Pengecekan dengan USG 5 Dimensi

Tidak berlainan dengan USG 3D atau 4D, USG 5D masuk ke kelompok USG external. Ini maknanya, dokter akan lakukan pengecekan ini dari sisi luar perut ibu hamil. Prosesnya ialah seperti berikut:

Pertama kali, dokter akan minta ibu hamil untuk berbaring.
Seterusnya, dokter akan memoleskan gel di kulit perut.
Dokter akan memakai probe atau alat yang mempunyai sensor untuk tangkap gelombang suara dari permukaan kulit. Triknya yakni gerakkan alat itu pada sekitaran perut ibu.
Kadang, dokter akan minta ibu untuk meredam napas atau mungkin tidak bergerak sepanjang beberapa menit, hingga gambar yang kelihatan semakin lebih jelas.
Sesudah proses usai, dokter akan bersihkan gel yang melekat pada permukaan kulit.

Cukup banyak yang selanjutnya bertanya, seharusnya kapan saat terbaik untuk lakukan pengecekan kehamilan dengan USG 5 dimensi. Sebetulnya, waktu terbaik yakni umur kehamilan di antara 24 sampai 32 minggu.

Amankah Lakukan Pengecekan Ini?

Sampai saat ini, beberapa pakar belum juga menggaransi pengecekan dengan USG 5D untuk kehamilan tidak atau aman. Karena, study yang terkait dengan pengecekan ini masih terbatas.

Tetapi, instansi keamanan pangan dan obat dari Amerika Serikat atau FDA mengatakan, USG dapat memberi dampak untuk perkembangan janin dalam kandungan. Berikut penyebabnya, ibu hamil seharusnya tidak lakukan pengecekan dengan USG terlampau sering. https://www.asynx-planetarium.com/

Tidak itu saja, ibu harus pastikan jika proses ini harus dilaksanakan oleh dokter atau tenaga kesehatan yang berpengalaman. Maksudnya sudah tentu untuk kurangi efek atau resiko kompleksitas yang kemungkinan terjadi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *