Jenis-Jenis Yoghurt Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jenis-Jenis Yoghurt Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jenis-Jenis Yoghurt Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jakarta – Yoghurt atau yogurt sebagai salah satunya makanan peragian hasil olahan susu. Makanan ini banyak memiliki pecinta karena rasanya yang sedap. Tidak cuma sedap, yogurt mempunyai kandungan probiotik yang tinggi. Harus diingat jika makanan sehat yang mengandung probiotik yang tinggi bisa dibuktikan bisa memberi beragam faedah untuk kesehatan badan.

Yogurt dijumpai terdiri jadi beberapa macam yang berbeda. Maknanya, tiap tipe yogurt tentu saja bisa mempunyai keunikannya masing-masing.

Ketahui Tipe-Jenis Yogurt

1. Rendah lemak atau mungkin tidak berlemak

Yoghurt rendah lemak dibikin dengan susu 2 persen. Dalam pada itu, yogurt tanpa lemak dibikin dengan 0 susu skim atau %. Ke-2 nya sama jadi opsi yang pas untuk mereka yang diet.

2. Kefir

Bila yogurt secara umum berwujud sebagai makanan, kefir sebagai tipe sebaliknya. Karena, kefir ialah yogurt cair yang dimakan dengan diminum. Tipe yogurt ini memiliki kandungan probiotik dan gampang dibikin di rumah. Dengan menambah butiran kefir ke susu dan mendiamkan sepanjang 12 sampai 24 jam.

3. Yogurt Yunani

Tipe yogurt setelah itu Greek yoghurt atau yogurt Yunani sebagai salah satunya yang paling terkenal. Yogurt Yunani mempunyai struktur yang kental dan halus. Disamping itu, yogurt yang ini dijumpai dapat lebih meredam panas jika dibanding dengan yogurt biasa. Akhirnya, Greek yoghurt sering dipakai sebagai bahan masakan dan sauce beberapa macam kebudayaan, seperti Mediterania.

Untuk produksinya, Greek yoghurt dibikin dengan memfilter yogurt biasa. Proses filtrasi ini dilaksanakan untuk hilangkan whey cair yang terdapat dalam yogurt biasa. Nach, dari hasil filtrasi ini ialah kandungan protein yang lebih tinggi. Karena fokus atau teksturnya yang jadi lebih kental. Tetapi, penekanan extra sepanjang filtrasi produksi yogurt Yunani membuat tipe yogurt ini mempunyai kandungan kalsium lebih rendah.

Dalam pada itu, yogurt Yunani ada dalam beragam macam. Dimulai dari yang memiliki kandungan lemak jemu, rendah tanpa lemak atau lemak.

4. Skyr

Serupa dengan yogurt Yunani, skyr, ialah yogurt ala-ala Islandia yang padat, tinggi protein, dan halus. Dibanding dengan yogurt biasa, skyr memerlukan 4 kali jumlah susu untuk dibikin dan memiliki kandungan protein 2 sampai 3x lebih banyak.

5. Yogurt beku

Tipe yogurt setelah itu frozen yogurt beku atau yoghurt. Konsumsi dari makanan ini sering dipandang seperti alternative yang lebih sehatkan dibanding es krim. Tetapi, banyak yogurt beku memiliki kandungan jumlah gula yang serupa atau semakin banyak dari es cream biasa.

Disamping itu, tidak seluruhnya tipe yogurt beku memiliki kandungan kultur aktif dan hidup. Karena beberapa produksi yogurt beku memakai yogurt yang diolah lebih dulu pada temperatur panas. Ini tentu saja bisa membunuh kultur hidup dan aktif dalam yogurt.

6. Yogurt non-Susu

Yogurt non susu atau non-dairy yoghurt sebagai yoghurt tanpa kombinasi susu yang dengan bahan dasar dari kedelai atau kelapa seperti santan. Sekarang ini tipe yogurt itu cukup banyak direferensikan dan terkenal. Terutamanya sebagai yogurt yang baik untuk diet karena rendah lemak dan tidak memiliki kandungan laktosa.

Manfaat Konsumsi Yogurt untuk Kesehatan

Yogurt sebagai produk susu peragian yang kaya kandungan kalsium dan protein. Nach, konsumsi yogurt dijumpai sanggup tingkatkan bakteri baik yang berada di mekanisme pencernaan, khususnya usus. Kenyataannya, ada banyak faedah yang dapat dirasa dengan konsumsi yoghurt secara rutin. Tetapi, ini akan bergantung pada tipe dan berapa kerap konsumsi yogurt setiap hari. Berikut beberapa faedah umum dari yogurt untuk kesehatan menurut https://www.asynx-planetarium.com/, diantaranya:

1. Memiliki kandungan Probiotik

Beberapa yogurt mempunyai probiotik yang dipertambah ke dalamnya. Probiotik ialah tipe bakteri sehat yang berguna untuk usus. Mereka menolong atur mekanisme pencernaan dan kurangi gas, diare, kembung, dan sembelit. Beberapa riset memperlihatkan jika probiotik bisa tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, menolong management berat tubuh, dan kurangi resiko kanker.

Bahkan juga konsumsi yogurt dan makanan probiotik yang lain bisa tingkatkan peresapan mineral dan vitamin. Adapun dua bakteri umum yang dipakai untuk memfermentasi susu jadi yogurt ialah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles. Tapi banyak produk yogurt di pasar memiliki kandungan strain bakteri tambahan.

2. Sumber Kalsium yang Baik

Produk susu adalah sumber kalsium makanan terbaik. Nach, menjadi rahasia jika kalsium penting untuk peningkatan dan perawatan kesehatan gigi dan tulang. Konsumsi kalsium penting juga untuk pembekuan darah, pengobatan cedera, dan jaga tekanan darah normal.

Makanan kaya kalsium terbaik bila terpasangkan dengan sumber vitamin D, karena vitamin D menolong usus kecil mempernyerap kalsium. Mayoritas yogurt memiliki kandungan vitamin B6 dan B12, riboflavin, potasium, dan magnesium dengan jumlah yang bervariatif. Karenanya, konsumsi yogurt dengan teratur pasti bisa menolong penuhi beberapa gizi utama pada badan.

3. Kurangi Resiko Penekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak normal adalah factor resiko khusus penyakit jantung. Nach, study dengan judul Efek of probiotic fermented milk on blood pressure: a meta-analysis of randomised controlled trials memperlihatkan hasil menarik. Study ini menerangkan jika konsumsi yogurt dengan teratur bisa turunkan penekanan darah. Terutamanya mereka yang hasil test tekanannya telah tinggi. Tetapi, dampak ini tak terbatas pada yogurt. Karena, study lain mengenai konsumsi produk buatan susu yang lain yang rendah lemak sudah memberi hasil yang sama

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *