Penyakit Osteoarthtritis dan Hubungannya Dengan Berat Badan

Penyakit Osteoarthtritis dan Hubungannya Dengan Berat Badan

Jan 7, 2023 by admin

Penyakit Osteoarthtritis dan Hubungannya Dengan Berat Badan

Hai teman dekat sehat, Apa anda kerap alami keluh kesah ngilu di sekitar lutut atau panggul? Apa itu tanda-tanda Osteoarthtritis?

Teman dekat sehat, lebih dulu perlu kita ketahui apakah itu Osteoarthtritis. Osteoarthtritis ialah penyakit berkenaan persendian khususnya riskan persendian hingga memunculkan masalah gerakan kekakuan persendian dan persendian. Penyakit ini kerap diikuti dengan rasa ngilu, kaku, lebam dan terkadang persendian jadi bengkok. Persendian yang kerap terserang penyakit Osteoarthtritis yakni persendian di bagian lutut, panggul, jemari tangan, pundak dan tulang belakang. Berdasar data Kami, Osteoarthtritis kerap dialami di bagian persendian lutut.

Apa Saja Faktor Penyebab Osteoarthritis?

Factor yang bisa memunculkan penyakit Osteoarthtritis ialah umur, hormonal, berat tubuh, penyakit tertentu contoh rheumatik dan trauma pada sendi. Perlu kita ketahui jika penyembuhan Osteoarthtritis bisa menjadi efisien jika kita dapat ketahui factor langkah menahannnya dan menguasai.

Dari faktor-faktor yang bisa memunculkan penyakit Osteoarthtritis, berat tubuh sebagai factor yang relatif gampang untuk dicegah. Menahan kegemukan atau kegemukan sebagai langkah penyembuhan yang relatif gampang dibanding penangkalan lainnya, maka dari itu kita perlu pahami keutamaan jaga berat tubuh supaya bagus dan menahan berlangsungnya Osteoarthtritis pada persendian lutut kita.

Dampak berat tubuh pada persendian lutut dan panggul memiliki dampak tingkatkan style kompresi (penekanan) pada tulang riskan persendian hingga proses wear and tear (keausan) pada persendian meningkat. Proses wear and tear ini akan memunculkan debris (pelapukan/pengikisan) pada ruangan persendian hingga terjadi infeksi pada persendian khususnya di bagian sinovium yaitu cairan persendian berbentuk cairan kental yang memulasi beberapa sendi badan hingga gampang untuk bergerak. Infeksi memunculkan kenaikan sitokin dan makrofag hingga kerusakan tulang riskan semakin berat.

Oleh karena itu, kita perlu memerhatikan berat tubuh ideal. Ada cara-cara untuk hitung berat tubuh bagus satu diantaranya ialah Bodi Mass Indeks (BMI). Menurut BMI berat tubuh dihitung dari perbedaan berat tubuh (kg) dantinggi tubuh (m2), berikut ini penghitungan berat tubuh bagus menurut WHO,

BODY MASS INDEX (BMI)
CLASSIFICATION BMI SCORE (kg/m2)
Underweight < 18.5
Normal 18.5 – 24.9
Overweight 25.0 – 29.0
Obese 30.0 – 40.0
Extreme Obese Ø 40.0

Bagaimana Menjaga Berat Badan?

Ada cara-cara untuk atur berat tubuh kita, diantaranya

  1. Mengatur Diet

Penataan diet sebagai langkah yang penting untuk hitung jumlah kalori yang dibutuhkan tiap hari dan atur formasi karbohidrat, lemak dan protein. Diperlukan 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak dari keperluan kalori sehari. Karbohidrat diprioritaskan berbentuk karbohidrat complex dengan glukosa indeks rendah.

  1. Olahraga

Olahraga bisa memengaruhi 20-30% dalam pengurangan berat tubuh, hingga pantas diakui sebagai sisi yang tidak dipisahkan dari usaha pengurangan berat tubuh. Olahraga bisa disamakan dengan kekuatan pribadi dan usia. Olahraga yang cukup dan dilaksanakan dengan teratur akan edektif turunkan berat tubuh. Penghitungan olahraga yangbaik bisa dilaksanakan dengan hitung nadi, sebagai dasar penghitungan ialah nadi maksimal kita = 220 – usia, jika kita olahraga yang cukup karena itu nadi harus terwujud 70% dari nadi maksimal dipertahankan sepanjang 30 menit. https://www.asynx-planetarium.com/

  1. Aktivitas sehari-hari

Aktivitas kita selama seharian memengaruhi kecepatan capai berat tubuh yang bagus, sebagai dasar umum ialah aktivitas kita selalu harus dibarengi aktivitas fisik misalnya jalan, mengankat barang atau benda, naik aktivitas yang lain, atau tangga.

  1. Pola hidup sehat

Gaya hidup sehat mencakup skema makan, olahraga, minum cukup, istirahat malam minimum 6 jam satu hari, keadaan ental yang sehat.

  1. Menghindari konsumsi obat-obat tertentu

Obat yang ada dipasaran kerap memunculkan permasalahan yang tidak diakui karena anggota perasaan nyaman misalkan pil KB dan obat yang kerap diminum karena penyakit tertentu seperti corticosteroid pada obat yang lain dan asma.

Bila ada keluh kesah mengenai kesehatan anda, selekasnya check anda ke dokter. Janganlah lupa check keadaan kesehatan kita dengan teratur agar bisa menolong mendapati persoalan pada tubuh sebelumnya ada tanda-tanda kelihatan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *